Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa

,

BANDAR LAMPUNG (21-24/9/2017) STIAB Jinarakkhita melaksanakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan manajerial. Seorang mahasiswa dan atau lulusan selain dituntut untuk memiliki kompetensi hardskill yang lebih banyak didapatkan pada kegiatan kurikuler juga harus memiliki keterampilan softskill yang diperoleh melalui kegiatan ekstra kurikuler.

 

Pada kegiatan pembukaan turut hadir YM.Bhiksu Nyanamaitri Mahasthavira (Ka.Yayasan Buddhayana Vidyalaya). Beliau berpesan agar mahasiswa mengikuti kegiatan LKMM dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, dan disiplin. Sehingga kegiatan yang berlangsung kurang lebih 4 hari dapat memberikan manfaat dan kontribusi besar terhadap pengetahuan dan pengembangan keterampilan mahasiswa/i terutama dalam hal manajerial.

 

Pada kesempatan tersebut, Komang Sutawan, S.Ag., MM., M.Pd.B (Kaprogdi Dharma Acarya) mengatakan “Bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial untuk mengelola berbagai organisasi kemahasiswaan perlu dimiliki oleh para mahasiswa, terutama para mahasiswa yang terlibat langsung dan aktif di dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan baik di tingkat program studi maupun Sekolah Tinggi”. Salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal tersebut adalah melalui pelatihan-pelatihan yang salah satunya adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

 

Materi LKMM disampaikan oleh para dosen serta narasumber yang berkopeten. Panitia LKMM terdiri dari dosen-dosen dan dibantu oleh BEM STIAB Jinarakkhita, dan segenap mahasiswa terutama yang sudah lulus LKMM dasar dan Menengah.

 

Dalam acara penutupan Tupari, S.Ag., MM., M.Pd.B mengatakan “bahwa setelah mengikuti LKMM mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuannya baik dilingkungan akademik maupun non akademik.” Beliau menambahkan jika ada mahasiswa yang tidak lulus LKMM dasar dan menengah jangan berkecil hati dan patah semangat, dan harus mengikuti kegiatan LKMM selanjutnya.”

 

Saat ini terdapat empat jenis LKMM, yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan Lanjut. LKMM Pra-Dasar berdurasi 10 Jam untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. LKMM Dasar berdurasi 20 Jam untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.

 

Sedangkan LKMM Tingkat Menengah berdurasi 30 Jam yang terdiri atas 5 Materi atau bahan kajian untuk membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan, sedangkan Tingkat Lanjut disebut pula Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa berdurasi 32 Jam bertujuan membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengelola opini publik (wacana). (kom).



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image