PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat di Pesawaran

,

(Pesawaran, Minggu/12/11/2017) mahasiswa STIAB Jinarakkhita melakukan PKM pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung program prodicepta (program muda/i cepat tanggap) sosialisasi alat kesehatan dan lilin aroma therapy kopi dan pandan). Kegiatan PKM-M ini dilaksanakan di wihara Buddha Gaya, Pejambon Kabupaten Pesawaran selama satu hari. Program kreativitas mahasiswa merupakan program yang dicanangkan oleh Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI guna memberikan stimulus kepada mahasiswa Buddhis untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kompetensi yang dimiliki.

                               

Dalam kegiatan PKM-M di Pesawaran STIAB Jinarakkhita bekerja sama dengan LP2K Medika Wiyata Bandar Lampung mengadakan sosialisasi dan pelatihan penggunaan alat-alat kesehatan seperti termometer, stetoskop, alat ukur tensi darah, serta melakukan cek darah untuk memeriksa kolesterol, gula darah, dan asam urat. Kegiatan ini disambut dengan sangat baik oleh Ketua Vihara Buddha Gaya (Romo Sudi Hartono) dan seluruh umat Buddha Vihara Buddha Gaya – Pesawaran. Acara dalam kegiatan tersebut antara lain; pembukaan, sosialisasi dan pelatihan penggunaan alat-alat kesehatan oleh dosen dan mahasiswa/i LP2K Medika Wiyata, makan siang, materi kewirausahaan oleh Bapak Komang Sutawan, S.Ag., MM., M.Pd.B kemudian praktek pembuatan lilin aroma terapi dipandu oleh Susi Herawati, Rina Manggalani dan Fitriyani (Mahasiswa STIAB Jinarakkhita), sharing dan penutup.

 

Besarnya keinginan dan melihat rasa antusiasme muda-mudi dan umat Buddha Vihara Buddha Gaya dalam kegiatan PKM-M menjadi motivasi serta penyemangat bagi mahasiswa dan dosen. Umat Budha berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan. Bapak Komang Sutawan selaku dosen pembimbing pada PKM-tersebut mengatakan “dalam kegiatan PKM adalah sangat penting melibatkan pihak luar seperti LP2K Medika Wiyata dalam kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat, disatu kegiatan kita bisa melaksanakan pelatihan tentang agama, kewirausahaan, dan kesehatan” pungkasnya.

 

Selain PKM-M masih ada lagi kegiatan PKM lainnya yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karya Cipta) dan PKM –KT (Kajian Tripitaka). Lembaga secara terstruktur dan terencana selalu memacu mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dan kemampuan yang dimiliki dengan mengikuti kegiatan PKM. Setelah mengikuti PKM diharapkan mahasiswa mampu memiliki dan mengembangkan kreatifitasnya dan disalurkan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. (kom) 



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image