PERINGATAN HARI PAHLAWAN

,

(BANDAR LAMPUNG, 10/11/17) Seluruh mahasiswa dan dosen, serta Ketua Yayasan Buddhayana Vidyalaya mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan. 10 November merupakan tanggal dan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada saat itu terjadi pertumpahan darah, dan menimbulkan korban yang tidak sedikit dalam rangka menegakkan NKRI dan kemerdekaan Indonesia dari bangsa penjajah.

 

Pesan Bung Karno “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Kata ini tentunya memiliki makna yang sangat mendalam. Meraih kemerdekaan perlu pengorbanan dan kesulitan, namun yang lebih sulit lagi adalah mempertahankan kemerdekaan itu sendiri. Dalam pesannya Bung Karno berkata “jangan pernah melupakan sejarah”. Sejarah pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia tentunya telah menjadi penyemangat dan motivasi bagi kita semua untuk siap mempertahankan dan berkorban demi bangsa dan negara.

 

Lembaga memandang perlunya diadakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2017 untuk menumbuh-kembangkan rasa nasionalisme dan karakter mahasiswa STIAB Jinarakkhita. Sebenarnya dalam kegiatan-kegiatan lain seperti LKMM dan MPKK untuk mahasiswa baru, penanaman nilai karakter telah dimasukan dalam materi kegiatan.

 

Bapak Tupari, S.Ag., MM., M.Pd. selaku inspektur upacara menghimbau mahasiswa untuk dapat terus meningkatkan jiwa patriotisme dan meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dengan penuh semangat. Pesan Beliau, “mempertahankan dan meneruskan perjuangan para pahlawan untuk saat ini bukan berarti mengangkat senjata dan berperang. Namun perjuangan kita saat ini adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dengan cara atau profesi masing-masing. Menjadi guru, mengentaskan kebodohan, mendukung program pemerintah dalam pendidikan, merupakan salah satu contoh nyata perjuangan kita.” Tuturnya.

 

Upacara bendera peringatan hari pahlawan 10 November 2017 diawali dengan pembukaan oleh MC, Penyiapan peserta upacara oleh pemimpin upacara (Tri Budi Ratna), pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, Pembacaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan dan kata mutiara oleh para pahlawan, amanat pembina upacara, menyanyikan lagu nasional gugur bunga, doa dan penutup. (kom)



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image