Penanggulangan Terorisme

,

(BANDAR LAMPUNG, 11/11/17) UIN Raden Intan Bandar Lampung dalam hal ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat telah mengadakan sebuah kegiatan Pelatihan Pemuda Lintas Agama Kota Bandar Lampung dalam penanggulangan Terorisme.

 

Bertempat di BTM BIMU (Depan Lapangan Waydadi) Jl. Pulau Tegal No.17 Sukarame Bandar Lampung kegiatan pelatihan ini diikuti oleh pemuda lintas agama dengan penuh antusiasme. Kegiatan yang dilaksanakan dari hari Jumat sampai dengan Sabtu tersebut menghadirkan pembicara lintas agama antara lain: terorisme dalam perspektif Hindu disampaikan oleh: Pindandita Ida Bagus Putu Mambal, S.Ag., M.Si., terorisme dalam perspektif Buddha disampaikan oleh: Bhikhu Bhadra Purisa (Rapiadi, S.Ag., M.Pd.B) yang merupakan dosen tetap STIAB Jinarakkhita, selanjutnya terorisme dalam perspektif Katolik disampaikan oleh Romo Philipus Suroyo, terorisme dalam perspektif Kristen disampaikan oleh Pdt. Samuel D Luas, S.Th., terorisme dalam perspektif Islam disampaikan oleh Dr.H.Sudarman, M.Ag. sekaligus sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut.

 

Terorisme merupakan hal yang saat ini seringkali menjadi viral. Dalam kegiatan pelatihan pemuda tersebut telah diutarakan oleh berbagai sumber tentang pemahaman dan persepsinya terkait dengan isu terorisme, serta penanggulangannya khususnya dilingkungan beragama masing-masing. Tentunya agama apapun nama dan bentuknya menolak keras aksi terorisme yang sering terjadi. Setiap agama mengajarkan cinta kasih, kasih sayang serta toleransi akan keberagaman yang ada di Indonesia.

 

Kegiatan pelatihan khususnya untuk pemuda (mahasiswa) secara berkala harus terus diadakan. Dengan pelatihan seperti ini setidaknya memberikan pemahaman yang benar akan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang tidak bersalah. Kegiatan ini merupakan respon positif dari Nota Kesepahaman yang dilakukan antar kampus, bukan hanya pendidikan dan penelitian namun dalam pengabdian masyarakatpun dilakukan dengan cara berkolaborasi dan bersinergi agar diperoleh sebuah kebermanfaataan kerjasama antar kampus.

 

Saat ini STIAB Jinarakkhita telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya, termasuk perguruan tinggi keagamaan seperti STAH dan UIN Raden Intan. Diharapkan dimasa datang kerjasama dalam Tridharma Perguruan Tinggi dapat terus ditingkatkan sehingga dapat membangun sebuah komunitas ilmiah, bekerjasama dan saling membantu dalam rangka mencerdaskan dan menciptakan sebuah pendidikan tinggi yang berkualitas. 



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image