Peresmian Kampus

,

Bandar Lampung – Minggu (20/11/2016) menjadi salah satu momen yang terpenting dalam sejarah STIAB Jinarakkhita, karena Gedung STIAB Jinarakkhita dan Buddha Bhaisajyaguru Grha yang berada di Jl.Raya Suban, Pidada, Panjang, Bandar Lampung telah diresmikan.

 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng dan acara lainnya. Pada momen tersebut hadir tamu undangan dari pusat yaitu Menteri agama RI yang diwakili oleh Sekjen Bimas Buddha RI, Bpk. Caliadi, S.H., M.H. serta walikota Bandar Lampung Drs.Hi.Herman H.N., M.M.

 

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat pusat dan daerah. Diantaranya anggota DPR RI Sudin; Kakanwil Kemenag Prop.Lampung Drs.Hi.Suhaili, M.Ag.; Kadisdikbud Lampung Hery Suliyanto, M.M.; dan anggota DPRD Prov. Lampung Hartarto Lojaya.

 

Kemudian Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Pusat Drs.Piandi; Ketua MBI Lampung Gunawan Hendra; Wakil STIAB Jinarakkhita Tupari, S.Ag., M.M., M.Pd.B. dan lainnya.

 

Tupari mewakili Ketua dalam sambutannya menyampaikan bahwa karya besar ini tidak lepas dari prakarsa dan kerja keras dari Suhu Nyanamaitri Mahasthavira yang tidak kenal lelah dan putus asa terus berjuang untuk mendirikan STIAB Jinarakkhita. Ia juga menyampaikan “ Apa yang dicapai hari ini bukanlah akhir, tapi babak baru bagi STIAB Jinarakkhita untuk dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dibidang pendidikan agama Buddha, oleh karena itu segala dukungan baik material maupun moral tetap kami butuhkan demi kelangsungan STIAB Jinarakkhita, mengingat bahwa Pendidikan adalah investasi masa depan dan hak semua warga negara ini. Kami berharap bahwa STIAB Jinarakkhita dapat terus menunjukkan eksistensinya agar dapat berkarya membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa  yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa” tuturnya.

 

Sekjen Bimas Buddha RI Caliadi juga mengatakan bahwa pemerintah berharap penuh dalam pendidikan terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Kami berharap dengan peresmian Gedung STIAB Jinarakkhita serta Buddha Bhaisajyaguru Grha dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan  agama Buddha di Lampung” harapnya yang diamini Ketua Umum Sangha Agung Indonesia Y.M. Bhikkhu Nyanasuryanadi Mahathera.

 

Beliau juga mengapresiasi tokoh agama dan masyarakat Lampung dalam mendukung peresmian gedung tersebut. “Kebhinekaan, kebersamaan. Semoga kita bersyukur dan diberikan berkah kebahagiaan,” jelasnya yang diamini Pendiri Yayasan Buddhayana Vidyalaya Y.M.Bhiksu Nyanamaitri Mahasthavira.

 

Ketua Umum MBI pusat, Drs.Piandi mengatakan, dengan peresmian gedung STIAB ini, diharapkan pendidikan dan perkembangan agama Buddha berkembang, bukan hanya di Lampung, tapi diseluruh Indonesia. “semoga semua makhluk berbahagia” ucapnya.

 

Ketua Pelaksana Kegiatan Indra Halim mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya STIAB Jinarakkhita dapat menjadi pusat penelitian dan pengembangan agama Buddha sehingga meningkat kualitasnya. “lulusan STIAB ini diharapkan menjadi garda terdepan dalam membantu Sangha dalam melestarikan Buddha Dharma di seluruh tanah air, pungkasnya. [Arie]



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image