Pemantapan Nilai- Nilai Kebangsaan

,

JAKARTA (7/10/19) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI dibawah subditperti telah melaksanakan kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi dosen perguruan tinggi keagamaan Buddha di Gedung Lemhanas RI Jakarta selama 8 hari dari tanggal 7 s/d 13 Oktober 2019.

 

EMPAT KONSENSUS DASAR NEGARA merupakan pondasi bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Empat konsensus dasar negara tersebut adalah: Pancasila, UUDN 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Memberikan pemahaman serta memantapkan lagi nilai-nilai kebangsaan bagi dosen PTKB perlu dilakukan untuk mencegah disintegrasi bangsa dimasa datang.

 

Pembukaan kegiatan TAPLAI Lemhanas Dosen PTKB se-Indonesia dibuka langsung oleh Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Kemudian lebih lanjut pengarahan diberikan oleh Deputi Taplai Kbs Lemhanas RI, Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Leleono S.E selaku penanggung jawab. Secara Teknis pelaksanaan didampingi oleh ketua penyelenggara Dirprog & Bangtap Debid Taplai Kbs Lemhanas RI Brigjen Pol.Drs.Sumadi M.Si., Penyelenggara kegiatan TAPLAI bekerja secara maksimal, dibantu dengan anggota yang lain yang secara profesional memberikan bimbingan dan arahan terutama tentang disiplin terhadap waktu.

 

Materi yang berikan dalam kegiatan TAPLAI antara lain: 1) Pada materi dasar; Ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Sesanti Bhineka Tunggal Ika, Diskusi Pendalaman. 2) Kemudian pada materi utama diberikan materi tentang: Wawasan Nusantara, Kewaspadaan Nasional, Ketahanan Nasional, dan Kepemimpinan Nasional. 3) Pada materi penunjang diuraikan tentang; Pengantar Kepemimpinan, Pengenalan Program dan Komitmen Pembelajaran, Pembinaan dan Pengasuhan, Pengantar Nilai-Nilai kebangsaan, Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Revolusi Mental, Outbound, Petunjuk Penulisan Esai, Naskah Perorangan dan Kelompok dan Mekanisme Diskusi, Perkembangan Lingkungan Strategis dan Current Issue.

 

Mengingat kegiatan Taplai ini sangat penting bagi dosen yang merupakan seorang profesional dalam mendidik anak bangsa, maka ketua mengirimkan dosen-dosen STIAB Jinarakkhita untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dosen STIAB Jinarakkhita yang mengikuti kegiatan TAPLAI Lemhanas RI diJakarta antara Lain: Komang Sutawan, S.Ag., M.M., M.Pd.B., Taridi, S.Ag., M.Pd., M.Pd.B., Tejo Ismoyo, M.Pd., M.Pd.B., Rapiadi, S.Ag., M.Pd.B., Susanto, M.Pd., dan Budiyanto, M.Pd.

 

Salah satu dosen yang mengikuti kegiatan Taplai adalah Bapak Susanto, M.Pd., mengatakan “kegiatan Taplai memberikan manfaat besar dalam menambah pengetahuan, wawasan tentang 4 konsesus dasar. Terkait dengan materi yang diberikan dijelaskan dengan cara yang menarik, mendetail dan mendalam”ujarnya. Tejo Ismoyo, M.Pd., M.Pd.B mengatakan “setelah mengikuti kegiatan Taplai rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri semakin kuat, dan kesatuan –persatuan bangsa khususnya NKRI merupakan harga mati, yang tidak bisa ditawar-tawar lagi” ujarnya.

 

Besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan Taplai mendorong komitmen semua Alumni TAPLAI Lemhanas RI – Kemenag RI angkatan I untuk terus menjunjung tinggi 4 konsensus dasar negara, menerapkan nilai-nilai nasionalisme dalam dunia pendidikan, mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam upaya mencegah disintegrasi bangsa dimasa yang akan datang. (Kom)



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image