Sumpah Pemuda: Bersatu Kita Maju..!!!

,

BANDAR LAMPUNG (28/10/19) Segenap civitas Akademika STIAB Jinarakkhita melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-91 tahun 2019.

 

Upacara bendera dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-91 oleh segenap Civitas Akademika STIAB Jinarakkhita berlangsung tertib dan khidmat. Upacara bendera yang dilaksanakan hari senin tanggal 28 oktober pukul 08.00 wib tersebut dihadiri oleh ketua Yayasan Buddhayana Vidyalaya YM.Bhiksu Nyanamaitri Mahasthavira. Peringatan sumpah pemuda tahun 2019 mengambil tema ‘bersatu kita maju’.

 

Susunan acara upacara peringatan hari sumpah pemuda ini antara lain; Pembukaan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks pancasila, pembacaan UUDN 1945, pembacaan teks sumpah pemuda, mengheningkan cipta, amanat pembina upacara, menyanyikan lagu nasional “tanah airku” (Cipt.Ibu Sud), doa dan penutup.

 

Amanat Pembina Upacara (Komang Sutawan, S.Ag., M.M., M.Pd.B) yang juga selaku Ketua Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, menyampaikan bahwa: “Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda-lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia” ujarnya.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga dalam sambutan nasionalnya menyerukan; “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

 

Senada dengan hal tersebut, Bapak Komang Sutawan, S.Ag., M.M., M.Pd.B mengatakan “Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik” sambungnya. (kom)