STIAB JINARAKKHITA GELAR SEMINAR PENDIDIKAN GURU SEKOLAH MINGGU BUDDHA SE-PROVINSI LAMPUNG

,

Bandar Lampung (01/11/19) STIAB JINARAKKHITA bekerjasama dengan Sekwil Sangha Agung Indonesia Propinsi Lampung dan didukung oleh Keluarga Besar Buddhayana Indonesia (KBI) melaksanakan kegiatan seminar pendidikan guru sekolah Minggu Buddha (SMB) yang pesertanya berasal dari berbagai daerah di Propinsi Lampung.

 

Guru Sekolah Minggu Buddha (SMB) merupakan aset besar yang dimiliki oleh umat buddha guna membimbing dan mendidik anak-anak sekolah minggu buddha dalam belajar Dharma. Pentingnya peran guru sekolah minggu buddha hendaknya diimbangi dengan pengetahuan, pemahaman dan kompetensi guru SMB dalam meningkatkan kualitas belajar dikelas.

 

Seminar pendidikan guru sekolah minggu Buddha yang dilaksanakan di Aula STIAB Jinarakkhita tersebut dilaksanakan selama satu hari. Pembicara/tutor dalam kegiatan ini adalah Dr.Partono Nyanasuryanadi, M.Pd., M.Pd.B yang beberapa bulan lalu telah menyelesaikan studi S3nya di Universitas Negeri Semarang.

 

Materi yang disampaikan dalam kegiatan seminar ini adalah merupakan disertasi S3 pemateri yang berkaitan dengan kurikulum sekolah minggu Buddha yang kemudian dijadikan rujukan oleh banyak orang. Seminar tersebut dibagi menjadi tiga sesi yaitu: sesi 1; diisi materi dengan metode ceramah, sesi 2;diisi dengan praktik penyusunan kompetensi inti (KI), menentukan tema dan deskripsi operasionalnya. Sesi 3; dilaksanakan diskusi dan tanya jawab untuk menjawab berbagai kesulitan dan pertanyaan dari peserta.

 

Peserta yang hadir dalam seminar ini sebanyak 175 orang. Peserta berasal dari berbagai daerah di Propinsi Lampung antara lain: Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang Barat, dll.

 

Ketua Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, Bapak Komang Sutawan, S.Ag., M.M., M.Pd.B memaparkan bahwa “berdasarkan hasil evaluasi angket kegiatan seminar pendidikan yang diisi oleh seluruh peserta melalui link google form yang bisa diakses melalui Handphone kegiatan seminar pendidikan telah terlaksana dengan baik” ungkapnya. Selanjutnya, Rini Kasrah selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan “banyak saran dari peserta tentang waktu pelaksanaan yang kurang, yang sebelumnya 1 hari harus ditambah menjadi 3 hari. Secara keseluruhan peserta merasakan manfaat kegiatan seminar ini dan berharap kegiatan serupa dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya”ujarnya. (kom)



Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image